Pengenalan komputer
sejak dini mungkin ini adalah salah satu alasan yang melatar belakangi
ditambahkan mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi ) dibeberapa Sekolah Tingkat Dasar (SD) di
Indonesia. Bahkan di sebagian kota kota besar yang mata pelajaran TIK sudah masuk dalam Kurikulum tersendiri.
Tidak ketinggalan juga di daerah pedesaan, Guna untuk menunjang pengetahuan siswa tentang komputer (khususnya TIK) Pihak sekolah yang mampu mempunyai inisiatif sendiri untuk menambahkan Mata pelajaran TIK dalam muatan lokalnya, hal ini sekaligus menjadi daya tarik Sekolah tersebut dalam penerimaan siswa baru .
Mungkin Anda bertanya dari mana Dana didapatkan? Masalah ini bisa diatasi asal kerjasama antara wali murid dan guru terjalin baik, melalui Rapat Komite Dana dari wali murid dapat mengalir. Siapa sich yang tidak ingin anaknya pandai dan pinter dan tidak gagap teknologi (GAPTEK).
Tidak ketinggalan juga di daerah pedesaan, Guna untuk menunjang pengetahuan siswa tentang komputer (khususnya TIK) Pihak sekolah yang mampu mempunyai inisiatif sendiri untuk menambahkan Mata pelajaran TIK dalam muatan lokalnya, hal ini sekaligus menjadi daya tarik Sekolah tersebut dalam penerimaan siswa baru .
Mungkin Anda bertanya dari mana Dana didapatkan? Masalah ini bisa diatasi asal kerjasama antara wali murid dan guru terjalin baik, melalui Rapat Komite Dana dari wali murid dapat mengalir. Siapa sich yang tidak ingin anaknya pandai dan pinter dan tidak gagap teknologi (GAPTEK).
Materi
yang disajaikan pun bervariasi, maklum belum ada aturan yang baku seperti
Silabus,RPP dan Kurikulum yang membahas mata pelajaran TIK untuk SD dari PUSKUR. Biasanya materi diawali dengan pengenalan TIK
itu sendiri, Jenis-jenis perangkat teknologi yang masuk dalam kategori TIK,
sampai masuk dalam perangkat komputer yang menjadi tujuan utama pembelajaran TIK
di SD.
Sedikit
pengetahuan tentang Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak) komputer dan
fungsinya, serta cara pengoprasian komputer itu
sendiri. Khusus untuk software materi yang diberikan adalah ketrampilan untuk
menggambar dengan paint dan Software pengolah kata Microsoft Word. Ya mungkin
hanya sedikit sekali sekedar untuk menggenal saja. Karena dijenjang sekolah
berikutnya pun materi TIK
yang diberikan hampir sama dengan materi TIK
di SD cuma lebih detail dan mendalam.
Salah satu yang menjadi kendala dalam pembelajaran TIK
di SD adalah istilah-istilah dalam komputer yang menggunakan Bahasa Inggris, di
butuhkan tenaga ekstra untuk menerangkan kepada siswa sehingga siswa
benar-benar paham dengan materi yang diberikan. Solusi lain dengan cara lebih
banyak memberikan latihan-latihan pada siswa dari pada teori, 30% teori 70%
praktek mungkin ini adalah perbandingan yang bagus. Dengan banyaknya latihan
siswa akan menjadi terbiasa dan hafal.
Selain itu kecerdasan anak akan meningkat dengan stimulasi aplikasi program komputer baik itu melalui aplikasi games maupun aplikasi komputer yang sekaligus meningkatkan daya nalar atau logika mereka.
Sudah sepatutnya kita juga memikirkan masa depan anak-anak kita dengan membekali Ilmu pengetahuan yang mumpuni, karna di tangan merekalah Nasib Bangsa kita dipertaruhkan (KT).
Sudah sepatutnya kita juga memikirkan masa depan anak-anak kita dengan membekali Ilmu pengetahuan yang mumpuni, karna di tangan merekalah Nasib Bangsa kita dipertaruhkan (KT).
No comments:
Post a Comment